2013-05-01

jenis-jenis limbah industri

Jenis – Jenis Limbah Padat, Cair dan Gas dari Akitivas Industri 

Secara lengkap kita akan mengenal berbagai jenis limbah dari bentuknya diantaranya bisa berupa limbah padat, limbah cair dan limbah gas maupun partikel. Lebih jelasnya terurai di bawah ini …

Jenis Limbah Padat

Limbah padat adalah limbah yang berbentuk padat yang mana ada yang mudah terurai seperti limbah organis semisal sampah daun dan limbah padat yang tak mudah terurai seperti plastik, kaca dan sebagainya.

Jenis Limbah Cair

Limbah cair adalah limbah yang berupa cairan dan biasanya jenis limbah cair ini sangat riskan mencemari lingkungan sehingga dikenal sebagai entitas pencemar air dan tanah. Untuk skala industri limbah cair umumnya terdiri dari bahan buangan padat, bahan buangan organik dan bahan buangan anorganik sisa dari hasil produksi sedang limbah yang biasa dihasilkan oleh rumah tangga / domestik dapat berupa air kotor dari pemakian mandi, cuci dan toilet.

Jenis Limbah Gas dan Partikel

Limbah gas dan partikel merupakan limbah yang biasa terdapat di udara. Untuk kategori limbah ini banyak dihasilkan oleh industri dan pabrik besar. Jenis limbah partikel bisa berupa asap, kabut maupun debu sedang untuk gas apabila kandungannya dalam udara telah melebihi batas maksimum dapat diartikan sebagai limbah suatu missal CO2 yang berlebihan dari hasil pembakaran pabrik dan industri

Jenis Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Yang terakhir dan harus digaris bawahi adalah jenis limbah B3 yang mana limbah ini merupakan limbah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun. Bila suatu limbah memenuhi salah satu karakter yang mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, bersifat korosif maka limbah ini masuk dalam jenis limbah B3 yang harus cepat ditangani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar